Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Walikota Tinjau Tanggul Jebol

20 Maret 2012 | Selasa, Maret 20, 2012 WIB Last Updated 2012-03-20T15:48:21Z

Kota Bima,(SM).- Walikota Bima, HM Qurais H Abidin, beserta rombongan, Senin kemarin, mengunjungi tanggul sungai jebol dibilangan Lingkungan Tolotongga tepatnya di So Te. Terpantau, kunjungan tersebut, guna melihat langsung apa penyebab jebolnya hingga berimplikasi pada banjir yang menggenangi lingkungan setempat hingga kompleks Perumahan Tolotongga.

Saat meninjau lokasi tersebut, Walikota, langsung menyimpulkan, khusus tanggul sungai yang jebol, perlu ada musyawarah bersama unsur Ketua RT dilingkungan setempat. Sebabnya, bencana jebolnya tanggul sungai tersebut, bukan murni akibat bencana alam. Melainkan akibat adanya penggalian tanah disekitar tanggul sungai untuk usaha pembuatan bata merah oleh warga. Juga disebabkan badan sungai yang semakin menyempit.
Solusinya, kata Walikota, pemerintah akan melakukan normalisasi aliran air disungai tersebut setelah adanya persetujuan masyarakat yang mau memberikan tanahnya untuk pelebaran sungai. “Selama kesepakatan itu tidak tercapai, Pemerintah susah mencarikan solusinya, “kata Qurais.
Disamping itu, perbaikan tanggul jebol dan lain sebagainya saluran disepanjang sungai dan pemukiman warga setempat, tentu akan direncanakan lebih lanjut. Artinya tidak sporadic atau langsung diperbaiki, mengingat anggaran dan program yang akan dijalankan terlebih dahulu sesuai amanat APBD. Hanya saja, secara tanggap darurat, tentu tetap menjadi atensi pemerintah.
Saat kunjungan itu pula, Walikota menyempatkan untuk menelusuri bantaran sungai, dari tanggul jebol hingga ke alur sungai komplkes perumahan Tolotongga. Dirinya juga menjanjikan akan mendatangkan alat berat (eksafator) untuk menormalisasi kembali badan sungai, jika kesepakatan warga yang memiliki tanah yang bertautan dengan sungai dimaksud. (SM.08)      
×
Berita Terbaru Update