Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Petani Dianjurkan Tanam Inpari-13

16 Maret 2012 | Jumat, Maret 16, 2012 WIB Last Updated 2012-03-16T13:47:06Z

Bima. (SM).- Padi jenis inpari 13 dianjurkan untuk ditanam pada musim kemarau I, pada lokasi sawah tehnis atau setengah tehnis.
Kepala UPP BPSB TPH Bima Ir Abdul Latif yang ditemui di lokasi areal sertifikasi benih di Desa Belo Kecamatan Palibelo, Senin (12/3), mengatakan untuk musim tanam seperti sekarang sangat cocok untuk benih jenis varietas unggul padi Inpari 13. Jenis padi Inpari itu akan bisa menghasilkan produksi gabah  hingga 8 ton perhektar.

Padi jenis inpari 13 di tanam pada musim kemarau I, jelasnya, akan mudah diatur distribusi air. Sedangkan pada musim tanam I, produksi gabah dari varietas inpari 13 akan menurun. Pasalnya, pertumbuhan akan mengalami serak serta berumur pendek.
Disamping itu, malai berat sehingga mudah rebah yang pada akhirnya kualitas gabah kurang baik. “Untuk itu dianjurkan untuk di tanam pada MK II seperti sekarang padi jenis inpari 13 itu,” ujar Latif yang di amini Abdurahim SPd selaku pemilik lahan areal sertifikasi.
Jenis varietas unggul Inpari sudah banyak beredar di wilayah Kabupaten Bima, selain Inpari 13. Ada juga inpari 1, 7, 8 dan 10, kalau produksi gabah dari inpari 13 hanya 8 ton perhektar berdasarkan deskripsion varietas tanam. Maka untuk jenis varietas inpari 1 bisa mencapai 10 ton perhektar, sedangkan inpari 7, 8 dan 10 mampu menghasilkan gabah hingga 8,7 ton perhektar. “nah sekarang tinggal pilihan para petani mau inpari 13 atau 1 atau 7 dan 8. Kami kembalikan ke para petani untuk pilihannya itu,” ingat Latif.
Kata dia, jenis varietas unggul Inpari yang belum masuk di Bima seperti Inpari 3, 5, 9 dan 11. Untuk menunjang produksi gabah dari jenis inpari, pihaknya selalu melakukan pemeriksaan pada fase fegetatif, juga pada fase berbunga dan pada fase panen. “jadi kami selalu melakukan pemeriksaan pada tanaman padi jenis Inpari itu   3 kali mulai sejak fegetatif, berbunga dan pada masa panen,” tandas Latif. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update