Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Penempatan Babinkamtibmas Dinilai Positif

19 Maret 2012 | Senin, Maret 19, 2012 WIB Last Updated 2012-03-19T03:22:38Z

Bima, (SM).- Kebijakan Kapolres Bima Kabupaten AKBP Dede Alamsyak dengan menempatkan satu personil Polisi di tiap desa yang ada di Kecamatan Monta membawa dampak luar biasa bagi percepatan akses informasi.

Ketua Pemuda Desa Wilamaci, Jurnalis A Karim mengatakan, dengan hadirnya seorang personil Polri di desa sebagai aparatur Babinkamtibmas maka informasi apapun akan secepatnya diperoleh. Pasalnya, setiap angggota Babinkamtibmas harus bertatap muka dengan warga masyarakat minimal 5 kepala keluarga setiap harinya. “Kami menilai penempatan seorang Polisi ditiap desa berdampak positif bagi akses infomasi ataupun isyu yang berkembang di desa,” puji Jurnalis, Ahad (18/3) kemarin di Tangga Kecamatan Monta.
Kata dia lagi, masyarakat dengan Babinkamtibmas sudah seperti saudara. Warga masyarakat tidak perlu merasa takut seperti dahulu, silaturahmi acap dilakukan baik di siang maupun malam hari. Masalah sekecil apapun yang akan terjadi di desa, akan cepat ditangani dengan difasilitasi anggota Babinkamtibmas.
“Di tiap desa sekarang ada pos pertemuan warga masyarakat dengan anggota Babinkamtibmas,” ujar Jurnalis.
Untuk itu, katanya, kinerja yang baik saat sekarang yang ditunjukan aparaat kepolisian bisa tetap dipertahankan bahkan kalaupun perlu bangun komunikasi yang intensif dengan kapolsek baik diminta atau tidak.
Sedangkan Kapolsek Monta, IPTU Windy Tjahyadi mengakui akan esksistensi anggota Babinkamtibmas yang ada. Tetapi, menurutnya, belum bisa menuntaskan berbagai kasus. Yang jelas wilayah hukum Polsek Monta saat sekarang dalam kondisi yang kundusif, walaupun sering kali terjadi aksi demo. Demo itupun berlangsung dalam upaya masyarakat mendesak pemerintah agar memperbaiki jalan yang ada di wilayah monta Dalam.
“Belum ada kasus yang menonjol untuk masalah kriminal, masalah demo meminta perbaiki jalan memang lagi tren di Monta selain demo KUPT Diknas. Itupun demo di Diknas Monta baru dua kali,” jelas Windy , Ahad (18/3) di Polsek Monta.
Kata dia, kondisi yang sangat memprihatinkan, yakni jalan mulai dari cabang Sondo menuju Desa Tangga Baru kondisinya seperti kubangan, termasuk beberapa deker yang sudah rusak. Sedangkan hasil pertanian berupa padi, wilayah Monta Dalam sangat memuaskan, tapi yang sering dikeluhkan masyarakat adalah menurunya harga bawang merah.
Ia juga mengaku, saat ini nelayan belum berani melaut untuk mencari garsum maupun ikan. Pasalnya, gelombang lautan Samudra Hindia saat sekarang mencapai 3-5 meter. “Secara umum kondisi kantibmas di wilayah Monta berlangsung kondusif, tidak ada gejolak, warga tetap melaksanakan aktifitas sebagaimana biasanya,” tandas Windy. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update