Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Paripurna LKPJ Bupati, Batal

27 Maret 2012 | Selasa, Maret 27, 2012 WIB Last Updated 2012-03-27T15:24:42Z

Dompu, (SM).- Ada-ada saja yang terjadi antara Legislatif dan Eksekutif Dompu. Hanya karena para pejabat eselon 2 dan 3 molor, membuat sejumlah anggota DPRD geram dan sepakat walk out dari ruangan rapat, sehingga dengan sendirinya acara paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati terhadap pengelolaan anggaran tahun 2011 yang diagendakan Senin (26/3), batal. 

Para pejabat hadir di gedung DPRD pada pukul 11.00. Sedangkan undangan paripurna dilaksanakan pada pukul 09.00 wita. Wakil Bupati Ir.H.Syamsuddin lebih awal datang ke gedung DPRD sesuai jadwal yang tertera dalam undangan. Ia hadir sendiri tanpa ditemani para pejabat.
Sikap  19 orang anggota DPRD tentu mengagetkan Wakil Bupati dan puluhan pejabat yang hadir. Malah, beberapa diantaranya seperti Kepala KPPT Dra.Hj Sri Suzana menyampaikan keberatan terhadap hal itu, walaupun dilakukan di luar sidang.
Dihadapan Ketua Komisi II H.Didi Wahyuddi SE, Sri Suzana menegaskan, seumur – umur pihaknya baru kali ini molor menghadiri undangan Dewan. Tapi oleh lembaga tersebut langsung membatalkan agenda sidang paripurna penyampaian LKPJ. Sementara sepengatahuannya selama ini DPRD sering kali molor. Namun pihak eksekutif tidak pernah memberikan reaksi apapun terhadap hal itu. “Kami telat baru kali ini. Sedangkan pihak DPRD, sudah sering kali molor. Tapi kami merasa tidak ada masalah,” tegasnya.
Lanjutnya, mereka (pejabat,red) bukan sengaja ingin molor menghadiri acara itu, akan tetapi karena sudah ada kesepakatan antara pimpinan SKPD bahwa jam 8 pagi mereka harus menghadiri dulu acara GPKK Kabupaten Dompu di gedung Samakai. Selepas itu, mereka menghadiri kegiatan Paripurna di DPRD. ‘’Jadi kami bukan sengaja molor, tapi sudah ada kesepakatan untuk menghadiri dulu acara GPKK,” tandasnya.  
Sementara Ketua Komisi II, H.Didi Wahyuddin SE mengatakan, pembatalan kegiatan paripurna dilakukan atas keinginan para anggota DPRD yang hadir. Sebelum sikap demikian ditempuh, dewan sempat menunggu selama beberapa menit bersama Wakil Bupati Dompu yang kebetulan hadir tepat waktu.
Bahkan pihaknya telah meminta Sekwan agar mengubungi Plh Sekda H.Agus Buhari SH dan para pejabat lainnya untuk menghadiri acara dimaksud, namun tak ada yang datang.  ‘’Tidak ada satupun pejabat yang hadir saat kami tunggu sampai beberapa menit. Yang ada hanya Wakil Bupati saja,” tandasnya.
Menurutnya, paripurna merupakan kegiatan tertinggi di lembaga dewan. Mestinya kegiatan itu diutamakan alias dihargai, ketimbang menghadiri acara GPKK yang tidak terlalu penting. ‘’Kalau mengutamakan menghadiri kegiatan GPKK, artinya agenda paripurna PKPJ dianggap tidak terlalu penting.karena itu kami batalkan saja kegiatan ini,” terangnya. 
Sementara pantauan wartawan usai penundaan paripurna  LKPJ, Plh Sekda H.Agus Buhari dan Kepala Bappeda Dompu Ir.H.Syaiful M.Si datang kembali ke gedung DPRD menggunakan kendaraan dinas masing – masing. Mereka terlihat menemui Wakil Ketua DPRD Dompu Iwan Kurniawan SE.  Kuat dugaan pertemuan itu untuk membahas lebih lanjut tentang agenda penyampaian LKPJ Bupati.
Kabar terakhir dari  Kabag Humas Setda Dompu Iwan Iskandar API bahwa kegiatan paripurna LKPJ dilaksanakan pada Senin malam sekitar pukul 19.00 Wita di gedung DPRD. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update