Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Flu Burung di Kota Bima Mulai Reda

20 Maret 2012 | Selasa, Maret 20, 2012 WIB Last Updated 2012-03-20T15:46:52Z

Kota Bima, (SM).- Penyakit hewan menular atau yang lebih dikenal dengan avian invluensa (Al) Flu Burung yang menyerang ternak unggas pada beberapa wilayah di Kota Bima beberapa pecan terakhir, saat ini  sudah mulai reda. Hal ini berkat kerja keras Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima  melakukan penyemprotan pada setiap kelurahan di Kota Bima.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima, Ir Syamsuddin kepada wartawan di ruang kerjanya kemarin menjelaskan, penyebaran penyakit flu burung yang melanda wilayah Kota Bima pada saat ini sudah agak reda kalau dibandingkan sebelumnya. Ini berkat kerja keras anggotanya melakukan penyemprotan dan kesadaran para pemilik ternak melakukan pembersihan kandang ternak setelah diberikan penyuluhan.  
“Memang, pada saat ini penyakit flu burung sudah agak reda, namun kami tetap melakukan penyemrotan dan penyuluhan kepada warga, baik melalui media massa  maupun turun langsung pada setiap kelurahan“, akunya.
Syamsuddin mengaku, dugaan penyakit flu burung berawal laporan masyarakat di Kelurahan Dara dan Penaraga pada awal Januari lalu yang mengaku unggasnya berupa ayam tiba-tiba mati.
Atas laporan itu, pihaknya mengambil sampel untuk dikirim ke Balai Besar Feteriner di Dempasar Bali yang hasilnya menunjukan positif, lalu dilakukan tindakan penyomrotan kandang dan rumah warga  pada setiap kelurahan.
Untuk mengantisipasi  terjangkit  penyakit  flu burung, Syamsuddin meminta kepada warga masyarakat untuk tidak memasukan unggas dari luar daerah lain karena diduga masih ada unggas yang terjangkit flu burung, tidak melepas unggas dan membersihkan kandang.
“Saya harap warga tidak panik memakan ayam yang terkena flu burung dan telurnya, sebab kalau ayam sudah dimasak dengan baik tentu sudaha terhindar dari penyakit tersebut”, ungkapnya. (SM.04)
×
Berita Terbaru Update