Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Warga Tanju harus Segera Direlokasi

07 Februari 2012 | Selasa, Februari 07, 2012 WIB Last Updated 2012-02-06T23:07:19Z

Dompu, (SM).- Bupati melalui juru bicaranya Kabag Humas Setda Dompu Iwan Iskandar API, mengingatkan kepada Instansi terkait agar segera menentukan jadwal relokasi  terhadap warga Desa Tanju Kecamatan Manggelewa yang masih tinggal di wilayah genangan air Bendung Raba Kompleks.
“Jadi instansi terkait diminta agar membuat skedul soal relokasi terhadap warga Tanju secepat mungkin,’’ujarnya Senin (06/2) mengutip pernyataan Bupati Dompu usai mengikuti Rapat Koordinasi  (Rakor) bersama jajaran dinas/instansi Lingkup Pemkab Dompu.

Iwan menambahkan, soal kegiatan relokasi supaya dilaksanakan  secepat mungkin, mengingat  sudah ada ultimatum dari pemerintah pusat yang mengharuskan kepada   Pemkab Dompu untuk segera mengambil sikap terhadap masalah penyiapan lahan bagi  pelaksanaan  mega proyek Bendung  Raba Baka Kompleks. ‘’Pemerintah pusat telah memberikan dukungan penuh terhadap proyek ini. Buktinya,  Pemkab Dompu  disarankan untuk segera menyiapkan lahan  supaya tidak menghambat pelaksanaan proyek,’’ujarnya.
Terkait perelokasian terhadap warga yang tinggal di sekitar lahan genangan air Bendung, pemerintah akan memberikan  ganti rugi lahan bagi perkampungan baru bagi mereka yang dipindahkan, bahkan juga akan diberikan kompensasi khusus agar mereka bisa mendirikan rumah di lokasi  yang tak jauh dari tempat tinggal sebelumnya. Dana tersebut dibebankan pada APBD Kabupaten Dompu dan Provinsi tahun 2012. ‘’Sekarang tersedia anggaran untuk penyiapan lahan melalui dana serring pemerintah kabupaten Dompu dengan Provinsi yang totalnya sebesar Rp 25 M,’’ujarnya.
Lebih jauhnya, dari total ratusan hektar lahan yang akan dipakai untuk pembangunan Bengung Raba Baka Kompleks, disamping merupakan milik warga, juga sebagian dari lahan itu masuk dalam kawasan hutan. Karenanya Dinas Kehutanan (Dishut) harus sigap dan segera menyelesaikan tugasnya yakni menentukan lahan pengganti atas kawasan hutan yang digunakan dalam pembangunan proyek dimaksud. ‘’Area kawasan hutan yang dipakai untuk proyek bendungan Raba Baka Kompleks harus segera dicarikan penggantinya,’’terangnya. (SM.15)  
×
Berita Terbaru Update