Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

STISIP Mbojo Bima Mewisuda 113 Mahasiswa

29 Februari 2012 | Rabu, Februari 29, 2012 WIB Last Updated 2012-02-29T05:49:48Z

HARI ini, Rabu tanggal 29 Pebruari, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima, mewisuda mahasiswa terbaiknya yang terangkum pada wisudawan angkatan XXV yang berlangsung di Auditorium kampus setempat.

Ketua Panitia pelaksana prosesi wisuda, Drs Mukhlis H.Ishaka MAp, dalam buku memori pengantar mengatakan, selamat berbahagia kepada para wisudawan dan wisudawati yang diwisuda hari ini. Dan selamat memasuki ujian di tengah-tengah masyarakat. Jika saudara berhasil lulus dalam ujian, ujarnya, berarti saudara akan menjadi lebih matang dan kenyataan itu akan meningkatkan citra dan nama baik STISIP Mbojo Bima.
Ketua STISIP Mbojo Bima, Dra Hj Nurmi MSi dalam sambutan tertulisnya menyampaikan, dengan diwisudanya 113 mahasiswa tersebut dan pada usia yang ke 31 tahun, itu berarti akan menambah jumlah alumnus STISIP Mbojo Bima menjadi 2.363 orang. Disadari pula, perkembangan yang dicapai kampus ini, bukan semata-mata hasil dedikasi, pengabdian dan perjuangan dari segenap civitas akademika, melainkan juga atas dukungan dan kepercayaan dari semua lapisan masyarakat di daerah ini. “Oleh karena itu, melalui kesempatan ini kami sampaikan rasa terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota dan Kabupaten Bima serta Kabupatenn Dompu, yang telah berpartisipasi langsung maupun tidak langsung dalam mengembangkan institusi ini”, ungkapnya, pula rasa terimakasih yang sama ditujukan pada Pemkot dan Pemkab Bima serta Pemprop NTB yang telah memberikan dukungan moril maupun materiil.
Disamping itu kata Nurmi, untuk tahun 2010 dan 2011, STISIP Mbojo Bima mendapat bantuan dari Dirjen Dikti Kemendikbud melalui program PHP-PTS untuk mendukung sarana pendidikan, termasuk untuk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di lingkungan STISIP. Dan mulai tahun ini pula Kata Ketua STISIP itu, telah dikembangkan dan diterapkan Sistem Informasi Akademik (SIAK). Dengan telah beroperasinya system dimaksud, segala kegiatan akademik dan kelembagaan di lingkungan kampus telah mendukung terciptanya penyelenggaraan Good University Governance (GUG) dan penjaminan mutu pendidikan. Sedangkan untuk program studi komunikasi dalam waktu dekat, katanya, akan turun ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti Kemendikbud RI.
Berdasarkan laporan sebagian mahasiswa yang melakukan penelitian di wilayah Pemkot Bima, jelasnya, mengalami kesulitan memperoleh data maupun informasi dalam penelitian dimaksud. Harapanya, kedepan persoalan yang menyangkut pemberian informasi dan data pada mahasiswa yang sedang melaksanakan penelitian, agar kiranya diberikan kemudahan untuk mendapatkannya. Harapan yang sama ditujukan pada Pemkab Bima dan Pemkab Dompu.
Pada wisudawan dan wisudawti yang dilantik hari ini, atas nama seluruh civitas akademika STISIP Mbojo Bima, Nurmi, menyampaikan selamat atas keberhasilan yang sudah menyelesaikan studi. Dia berharap agar dalam pengabdian ditengah tengah masyarakat, senantiasa menjaga citra almamater tercinta.
Hal yang tidak berbeda disampaikan pula Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Mbojo (YPPM) yang menaungi STISIP Mbojo Bima, Drs H Mukhtar Yasin MAp. Disadarinya, yayasan yang merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang mengurus penyelenggaraan pendidikan tinggi, masih banyak kekurangan dan kelemahan yang membutuhkan pembenahan dan perbaikan.
Kata Mukhtar, sejak tahun 2004, seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuann serta motivasi masyarakat akan pendidikan, yayasan berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dosen tetap yayasan. Sehingga sampai tahun akademik 2010/2011 telah berjumlah 19 orang berpendidikan S2, satu orang diantaranya menamatkaan S2 di UGM dan dua dosen lainnya di Unair, sedangkan untuk program doctor (S3) sebanyak satu dosen mengambil studi di Universitas Indonesia, sehinga direncanakan tahun 2015 secara keseluruhan dosen tetap yayasan sudah berpendidikan minimal S2.
Saat ini pula, jelasnya, STISIP telah terintegrasi secara terpadu dengan penggunaan SIAK. Dengan penggunaan SIAK, segala aktivitas akademik dan kelembagaan dapat diakses secara online oleh pimpinan, dosen, karyawan maupun mahasiswa. Selain meningkatkan kualitas dosen, peningkatan lainnya, berupa peningkatan kesejahteraan dosen dan karyawan, secara fisik juga yayasan telah selesai membangun gedung bertingkat, guna memenuhi kebutuhan ruangan perkuliahan, mengingat prosentase jumlah mahasiswa baru setiap tahun terus bertambah dan telah bertambah pula program studi, yakni Ilmu Komunikasi. (ADV-Aris)
×
Berita Terbaru Update