Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Insan Pers Diminta Tingkatkan Profesionalitas

09 Februari 2012 | Kamis, Februari 09, 2012 WIB Last Updated 2012-02-09T03:18:10Z

Dompu, (SM).- Momentum peringatan hari pers nasional yang jatuh pada 9 Februari, hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan merefleksi diri untuk terus meningkatkan kualitas dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai seorang jurnalis. Ini penting karena tuntutan hadirnya pers yang profesional benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat terhadap berbagai persoalan yang terjadi.
Ketua PWI Persiapan cabang Dompu, H Abdul Muis mengemukakan, kedepan pers benar-benar dituntut untuk profesional, itu ditandai oleh lahirnya piagam Palembang tahun 2010 yang mengamanatkan agar insan pers dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan kode etik yang ada. Untuk menuju kepada pers yang profesional dewan pers telah mengambil langkah kongkrit dengan mendeklarasikan sertifikasi bagi wartawan pada puncak peringatan hari pers nasional yang berlangsung di Jambi 9 Februari 2012.

Menurut Abdul Muis, sertifikasi adalah sebuah pengakuan bahwa yang bersangkutan dianggap telah mampu melaksanakan tugas jurnalistiknya di lapangan. Sebab untuk mendapatkan sertifikasi seorang wartawan harus melewati tahapan-tahapan pengujian yang terukur dari dewan pers. “Mudah-mudahan kedepan pers semakin professional”, harapnya.
Terkait dengan perkembangan pers di Kabupaten Dompu, diakuinya trendnya semakin membaik walaupun masih mendapat masukan tentang berbagai perilaku insan pers di daerah itu. Oleh karenanya Abdul Muis yang juga wartawan Harian Umum Lombok Post (Jawa Post group) ini berharap kedepan keberadaan pers di Kabupaten Dompu terus membaik dan dapat diterima oleh seluruh elemen di daerah.
Sebagai satu-satunya organisasi pers di Kabupaten Dompu, Muis mengemukakan rencananya untuk menggelar berbagai kegiatan dalam mendorong peningkatan mutu dan kwalitas pers di daerah. Diantaranya dengan menggelar workshop dan seminar tentang pers yang akan diikuti oleh seluruh wartawan yang bertugas di Dompu.
Narasumbernya akan diusahakan menghadirkan tokoh-tokoh pers baik yang ada di provinsi maupun nasional sehingga output yang diharapkan bisa tercapai. “Tetapi yang terpenting mari kita terus belajar untuk meningkatkan diri sehingga bisa diterima oleh seluruh masyarakat”, jelasnya. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update