Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

H. Ahmad S.Ag: Tiga Parameter Tampilan Moral Rasulullah

18 Februari 2012 | Sabtu, Februari 18, 2012 WIB Last Updated 2012-02-18T14:12:03Z

Kota Bima, (SM).- Ada tiga tampilan moral Rasulullah yang patut dicontoh dan diteladani umat dan generasi penerusnya dalam mengejawantakan perikehidupan secara horizontal (sesama manusia) dan secara vertikal (pada sang khaliq). Demikian awal siraman rohani yang disampaikan H.Ahmad S.Ag, saat menjadi penceramah di acara Maulid Nabi Kecamatan Asakota, Jum’at kemarin.

Tiga dimesi perenungan mencontoh tampilan moral Nabi akhir zaman disampaikannya, pertama, pilar iman. Nabi kata H.Ahmad, memiliki keimanan dan ketaqwaan yang tiada henti sepanjang hayat. Nabi merupakan sosok mukmin yang selalu ingat Allah, kemudian Al Qur’an menjadi media Nabi dalam memantapkan iman dimaksud, sebab dirinya sepanjang hari dan sepanjang hayat tak pernah melewati tanpa membaca Al-Qur’an. Zikir dan tahajut memuja kebesaran Allah, pun menjadi contoh keimanan Nabi yang patut diteladani manusia sekarang.
Dimensi perenungan lain yang mesti dicontoh pada tampilan moral Nabi, yakni tampilan ibadah. Dalam beribadah, kata dia, Nabi sangat mendepankan ketaqwaan, rasa ikhlas yang semata-mata berorientasi pada Allah SWT. “Jika sholat Nabi selalu pada awal waktu yang ditentukan dan selalu mengerjakan segalah sunah”, ujarnya.
Dimensi yang ketiga, adalah ahklaq. Kata Ahmad, Nabi selama hidup seperti mengutip beberapa riwayat, merupakan pribadi pemalu dan rendah hati pada siapapun dengan tidak memandang status dan jaabatan seseorang. Kemudian selalu tawaduh dan memiliki sifat pemaaf pada siapapun yang melakukan kesalahan dan kehilafan.
Dijelaskannya, jika tiga landasan pribadi nabi tersebut, dapat diikuti oleh umatnya sekarang, maka keniscayaan dan kedamaian dunia dan akhirat akan dirasakan. Untuk itu perlu adanya introspeksi diri, minimal dapat mencontoh keteladan tampilan moral Nabi, dalam tata kehidupan sehari-hari. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update