Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Harga Beras Melambung, OP Tidak Berpengaruh

31 Januari 2012 | Selasa, Januari 31, 2012 WIB Last Updated 2012-01-31T00:26:12Z

Dompu, (SM).- Kendati Dinas Koperindagtamben Dompu telah melaksanakan Operasi Pasar (OP) jenis Beras 131 ton pada Oktober dan November 2011 lalu, ternyata tak berpengaruh terhadap kondisi harga beras. Malah harga beras membumbung tinggi. Harga beras medium Rp9000/kg dan beras super Rp10.000/kg.
Kabid Perdagangan  Iskandar S.Sos yang dikonfirmasi Senin (30/1) mengakui bahwa OP yang mereka lakukan belum mampu menormalkan harga beras di pasaran. Itu terjadi karena semakin kuatnya arus lonjakan harga yang semula dari Rp6500/kg beras medium  kini menjadi Rp9000/kg. Sedangkan beras super dari Rp7000/kg menjadi Rp10.000/kg saat ini.

Katanya, jumlah beras yang jual melalui OP  pada  Oktober – November lalu sangat terbatas dan belum mampu menjangkau kebutuhan masyarakat. ‘’Malah kami batasi hanya maksimal 6 kilo KK. Takut yang lain tidak kebagian,” katanya.
Malah di Kecamatan Pekat dan Kilo tidak kebagian  beras OP, akibat petugas mengalami kendala biaya operasional untuk membawa beras pada dua kecamatan yang sangat jauh dari kota Dompu itu. ‘’Berdasarkan analisis pasar yang kami lakukan, kenaikan harga beras ini bukan karena stok beras yang beredar berkurang. Akan tetapi, ini dipengaruhi akibat kenaikan harga gabah. Untuk jenis gabah kering panen Rp410 ribu/kwintal,” ujarnya.
Pihaknya berencana untuk kembali meminta secara resmi kepada Dolog Dompu agar melaksanakan OP beras, yang direncakan berlangsung pada  awal Februari  ini  berdasarkan estimasi jumlah kebutuhan sebanyak 150 ton jenis beras medium dengan standar harga Rp6500/kg.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang berperekonomian lemah  untuk menjangkau beras dengan harga murah, ditengah meroketnya harga salah satu kebutuhan pokok tersebut. (SM.15)

×
Berita Terbaru Update