Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Embung Ncoha I Bolo, Pacu Produksi Pertanian

17 Desember 2010 | Jumat, Desember 17, 2010 WIB Last Updated 2010-12-17T04:30:43Z
Bima, (SM).- Keberadaan Embung Ncoha yang berada di Desa Rato Kecamatan Bolo sangat berguna bagi masyarakat dalam rangka mengairi areal persawahan di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Embung. Demikian diungkapkan Wakil Bupati Bima, Drs. H.Syafrudin HM. Nur M.Pd pada saat meresmikan penggunaan Embung Ncoha I, Selasa (14/12).
Kabag Humas dan Protokol Setda Bima melalui Kasubag Informasi dan Pemberitaan Suryadin, S.S, M.Si dalam siaran persnya mengatakan, masa depan keberadaan embung ini akan banyak bergantung pada upaya serius masyarakat di sekitar DAS ini dalam memelihara kualitas lingkungan. “Untuk itu Wabup menghimbau warga masyarakat untuk selalu menjaga keberadaan embung agar bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat, sekaligus mengantisipasi kebutuhan masyarakat untuk aktifitas sektor pertanian dan air minum”, ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pengairan Dinas PU Kabupaten Bima, HM. Yamin Yunus laporannya menyatakan, pembangunan Embung Ncoha I untuk menampung air di musim hujan yang dilengkapi dengan water treadment untuk keperluan air baku di tiga desa pada wilayah Kecamatan Bolo.
“Kehadiran embung ini juga diharapkan dapat mendorong intensifikasi dan eksentifikasi pertanian seluas 200 Ha berupa lahan lahan kering 40 Ha sawah tadah hujan 50 Ha dan sawah irigasi pompa 110 Ha”, harapnya.
Lanjutnya, Embung Ncoha I yang bersumber dari dana APBN tahun 2010 senilai Rp 5,4 miliar ini secara bertahap dapat meningkatkan produksi pertanian demi mempertahankan swasembada pangan melalui penyediaan irigasi hilir yang pada gilirannya menunjang komoditi andalan lainnya di Kabupaten Bima. “Dengan intensitas tanam hingga 200 persen, maka akan dapat meningkatkan produksi hasil pertanian”, tandasnya. (SM.02)
×
Berita Terbaru Update