Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

vWarga Keluhkan Sampah di TPA Bara

13 November 2010 | Sabtu, November 13, 2010 WIB Last Updated 2010-11-13T01:33:57Z
Dompu, (SM).- Pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Bara Kecamatan Woja yang hingga meluber ke pinggir jalan dikeluhkan oleh masyarakat. Apa lagi aroma dari sampah buangan itu sangat mengganggu warga sekitar dan warga lain yang melewati ruas jalan tersebut.
Seperti pantauan langsung SM di lokasi, terlihat sampah berserakan di pinggir jalan. Hal itu disebabkan karena truk kuning yang digunakan untuk mengangkut sampah, membuangnya tepat di pinggir jalan. Bahkan pagar pembatas antara sisi jalan dengan TPS sudah banyak yang roboh dan rusak akibat tertimpa sampah yang dibuang. Sampah-sampah itu terlihat beserakan dan menganggu penggunana jalan di lokasi itu.
Meskipun ada upaya untuk membakar sampah tersebut, namun tumpukannya tetap saja berserakan di sepanjang sisi jalan. Belum lagi sampah plastik yang tidak sempat dibakar, justeru terbawa angin hingga ke seberang jalan yang menanjak itu.
Sejumlah warga mengaku terganggu dengan buangan sampah yang sampai meluber ke sisi jalan. Padahal, kata mereka lokasi TPA masih sangat luas untuk menampung sampah hasil buangan masyarakat tiap harinya. Jika saja pihak Dinas PU masih terus membuang sampah di sisi jalan, bukan tidak mungkin akan membahayakan pengguna jalan.
Selain itu, kata mereka, setiap tahun warga sekitar selalu resah akibat banyaknya lalat dari TPA yang kemudian hidup di kampung-kampung. Apa lagi saat musim penghujan ini lalat berkembang biak dengan pesat jika sampah yang ditampung di TPA tidak dimusnahkan dengan cara minimal membakar atau dilakukan penyemprotan dengan pestisida. “Setiap tahun sejumlah kampung di sini dipenuhi jutaan lalat yang berkembang biak di TPA,” kata Umar salah seorang warga Sipon yang tidak jauh dari lokasi TPA. (SM.14)
×
Berita Terbaru Update