Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Penghijauan di Kota Bima Belum Terarah

15 November 2010 | Senin, November 15, 2010 WIB Last Updated 2010-11-15T03:22:49Z

Kota Bima, (SM).- Wakil Walikota Bima, H.Arahman,SE menyatakan, selama ini kegiatan penghijauan sudah sering kita lakukan namun belum terarah dan belum terfokus.
Hal ini dikatakan H.Arahman di hadapan Sekda Kota Bima, Asisten I dan beberapa Kepala Dinas saat meninjau kegiatan penghijauan yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dikes) yang merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-46 tingkat Kota Bima di Dana Traha, Sabtu (13/11).
Menurut H. Man, Dinas Kehutanan (Dishut) Kota Bima harus membuat pemetaan wilayah untuk penentuan lokasi yang akan dilakukan penanaman kembali atau penghijauan. Selain itu, SKPD harus diberi tanggung jawab untuk menanam kembali pada areal hutan yang telah gundul untuk mengembalikan fungsi hutan.
Dijelaskanya, kegiatan penghijaun semacam ini lebih kental nuansa seremonialnya saja, muncul ketika ada suatu kegiatan, setelah itu hilang seiring berjalannya waktu, dan yang patut disayangkan bahwa lokasi yang dijadikan areal penghijauan adalah areal yang sudah sering dilakukan penanaman kembali, “ini suatu hal yang mubajir”, tegas H. Man sebagaimana dikutip Kabag Humaspro Setda Kota Bima, Lalu Sukarsana, S.Ip.
.
Kata dia, jika nanti Dishut mampu merealisasikan harapan tersebut nanti akan ditindak lanjuti dengan SK Walikota Bima terkait wilayah binaan untuk penghijauan, hal ini agar ada tanggung jawab dari masing – masing SKPD pada wilayah binaannya.
Selama ini setelah menanam, kebiaasan kita tidak diikuti dengan pemeliharaan dan perawatan, sehingga kita tidak tahu sejauh mana keberhasilan dari penghijauan yang dilakukan, kebiasaan ini harus dirubah, setiap wilayah yang harus dilakukan pemulihan harus terbagi habis untuk masing – masing SKPD ataupun organisasi lainnya dan mereka harus diberi tanggung jawab sepenuhnya, selain pemetaan hutan.
Mantan Anggota DPRD Kota Bima ini juga mengatakan, ada rencana Pemkot Bima untuk pemetaan taman, nantinya taman – taman yang ada akan diberikan tanggung jawab masing – masing SKPD, langkah ini dinilai sangat efektif untuk memelihara taman – taman yang ada.
Sementara itu Plt. Kepala Dikes Kota Bima, dr. H. Bahtiar H.Hasan mengatakan, kegiatan penghijauan ini melibatkan seluruh pegawai Puskesmas, pegawai Dikes serta mahasiswa Sekolah Kesehatan yang ada di Kota Bima. Jumlah tanaman yang ditanam adalah 300 pohon yang terbagi dalam 3 jenis pohon yaitu pohon mahoni, sangon dan asam.
“Kami janji akan berusaha maksimal agar pohon yang ditanam hari ini dapat tumbuh dengan baik, yakni dengan melakukan pemagaran dan pola siram dengan menggunakan tetesan dari air yang diisi dari botol infuse. Kami harap Walikota Bima memberikan kepercayaan kepada kami dari Dikes Kota Bima agar kawasan hutan yang ada di Dana Traha menjadi bagian dari binaan kami”, pintanya.
Pada kegiatan penghijauan tersebut, Wakil Walikota Bima, Sekda Kota Bima, Asisten I dan Kepala Dikes Kota Bima juga ikut menanam pohon bersama sejumlah pegawai Dikes dan mahasiswa sekolah kesehatan. (SM.04)
×
Berita Terbaru Update