Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Korban Gempa Bumi Nipa - Ambalawi Terima Bantuan Material Bangunan

08 November 2010 | Senin, November 08, 2010 WIB Last Updated 2010-11-08T01:30:51Z
Bima, (SM).- Warga Desa Nipa Kecamatan Ambalawi yang terkena dampak bencana alam gempa bumi yang meluluh lantakkan bangunan bulan November 2009 lalu menerima sejumlah bantuan bagi perbaikan infrastruktur yang mengalami kerusakan, Sabtu (6/11). Bantuan Pemerintah Provinsi yang disalurkan Dinas Sosial Kabupaten Bima itu secara simbolis diterima kepala desa setempat, di halaman Rumah Kepala Desa Nipa.
Kabag Humas dan Protokol Setda Bima, Drs. Aris Gunawan mengatakan, bantuan yang disalurkan diharapkan dapat meringankan beban warga yang membangun kembali tempat tinggalnya pasca bencana tersebut. “Bantuan yang diberikan itu berupa material semen, pasir, kayu, genteng dan material pendukung lainnya kepada 23 Kepala Keluarga (KK) yang tertimpa bencana”, ujarnya.
Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ST yang didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten, Abdul Wahab Usman, SH dan Camat Wera menyatakan, bantuan ini merupakan wujud kepedulian Pemprov NTB kepada warga masyarakat yang tertimpa bencana gempa bumi tahun lalu yang menyebabkan rusaknya sejumlah infrastruktur publik dan rumah warga di beberapa kecamatan di Kabupaten Bima.
Pada kesempatan tersebut, Bupati memaparkan rencana Pembentukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Bima yang saat ini masih dalam pembahasan di tingkat legislatif. Dengan pembentukan BNPB ini, maka kedepan penanganan bencana akan dikoordinasikan oleh BNPB di tingkat daerah dan didukung oleh instansi terkait.
Terkait tahapan tanggap bencana yang telah dilakukan pasca gempa bumi, saat ini telah memasuki fase rekonstruksi melalui perbaikan dan membangun kembali bangunan yang sudah rusak akibat bencana. Sejumlah dana telah dialokasikan untuk mempersepat rekonstruksi pasca bencana tersebut yaitu, dana perbaikan sarana dan prasarana serta perencanaan dan monitoring tahap pertama untuk perbaikan sekolah dan Puskesmas yang menyerap dana stimulant senilai Rp. 7,4 miliar dari Pemerintah Pprovinsi NTB.
Selain dana yang bersumber dari pemerintah provinsi, rekonstruksi sejumlah infrastruktur ini juga akan mendapatkan alokasi dana dari APBD Kkabupaten Bima yang akan diserahkan bulan Maret 2011 bagi perbaikan masjid dan mushala.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Ferry juga menyampaikan bahwa mulai tahun 2011 Pemerintah Provinsi NTB akan mengalokasikan dana yang cukup besar senilai Rp. 400 Miliar bagi perbaikan infrastruktur dan hotmix ruas jalan provinsi yang ada di wilayah Kabupaten Bima. ”Perbaikan ruas jalan ini akan dilaksanakan selama tiga tahun berakhir tahun 2013 melalui sistem kontrak tahun jamak (multi years)”, ungkapnya. (SM.02)
×
Berita Terbaru Update