Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dana Stimulan Harus Dikelola dengan Baik

15 November 2010 | Senin, November 15, 2010 WIB Last Updated 2010-11-15T03:21:12Z

Kota Bima, (SM).- Hj.Yani Marlina, isteri Walikota Bima, HM. Qurais H.Abidin menyatakan, jika dinilai dari jumlah, sentuhan dana stimulan yang diberikan pemerintah kepada kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera  (UP2KS) belum mampu memenuhi kebutuhan anggota, namun jika dana yang sedikit ini mampu dikelola dengan baik, insya allah dana tersebut mampu mengembangkan usaha kelompok dan dirasakan juga oleh masyarakat lainnya.
Hal ini dikatakan Hj Yani selaku pembinan TP PKK Kota Bima saat memberikan pembinaan TP PKK Kelurahan Rite yang merupakan bagian dari kunjungan kerja dirangkaikan dengan  penyerahan secara sembolis dana bantuan bergulir sebanyak Rp 20 juta untuk UP2K  Permata Rite bertempat di Kelurahan Rite, Sabtu (13/11).
Dijelaskannya, selama ini masyarakat memiliki pemahaman yang keliru terhadap sejumlah dana bergulir dan bergilir yang diberikan pemerintah sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dan kelompok usaha, masyarakat selalu beranggapan bahwa dana yang diberikan adalah dana cuma – cuma yang tidak perlu dikembalikan, padahal dana tersebut akan diupayakan untuk terus bergulir sehingga kelompok usaha dan masyarakat lainya juga mendapatkan kesempatan yang sama.
“Hal ini sangat merugikan masyarakat lain, untuk itu harus mampu kita rubah dan UP2K memiliki tanggung jawab moral agar dana – dana yang dikucurkan dapat berhasil guna dan berdaya guna”, tegasnya.
Lebih lanjut Hj. Yani mengatakan, selama ini TP PKK merupakan mitra kerja pemerintah dalam mendukung program pembangunan hal ini terlihat dari 10 Program Kerja PKK, dan sebagai bentuk perhatian pemerintah atas sinergitas yang terbangun selama ini, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB melalui TP PKK Kota Bima memberikan dana stimulant untuk UP2KS yang ada di Kota Bima yang pengelolaannya selalu berada di bawah pengawasan pemerintah.
“Untuk itu saya harap agar anggota UP2KS dapat memaksimalkan dana stimulan yang diberikan dapat mengembangkan usahanya sehingga ada peningkatan pendapatan keluarga, jangan sampai dana bergulir ini digunakan untuk hal – hal yang bersifat konsumtif. Disamping itu, kewajiban- kewajiban lain harus diperhatikan juga seperti bayar iuran dan simpanan wajib”, jelasnya.
Kepala Dinas Koperindag Kota Bima, Drs.Muhaimin mengatakan, Dana Stimulan yang diserahkan kepada UP2KS Permata Rite Kecamatan Raba adalah berkat koordinasi TP PKK Kota Bima dengan Dinas Koperidag Kota Bima. “Kami harap agar amanah yang diberikan ini dapat dipertanggung jawabkan dengan sebaik – baiknya, kelompok UP2KS diharapkan mampu memanej keuangan dengan baik agar dapat berkembang dan memajukan kelompok”, harapnya. (SM.04)
×
Berita Terbaru Update