Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Karang Taruna Lewirato Melenggang ke Istana Negara

13 Juli 2010 | Selasa, Juli 13, 2010 WIB Last Updated 2010-07-13T10:04:43Z
Kota Bima,(SM).- Prestasi Karang Taruna Kelurahan Lewirato, beranjak. Setelah menyisihkan kelurahan lain di Kota Bima dan tingkat Provinsi NTB, Karang Taruna ”Maju Bersama” berhasil melenggang ke Istana Negara. Dengan kemampuan yang dimilikinya, pengurus organisasi itu optimis peroleh peringkat satu Nasional.
Ketua Karang Taruna ”Maju Bersama” Kelurahan Lewirato Dedy Sadikin saat ditemui di kelurahan setempat mengatakan, keberhasilan yang diraih hingga menyisihkan Karang Taruna Kelurahan lain merupakan buah kerja keras seluruh komponen masyarakat Kelurahan Lewirato terutamanya pemuda. ”Ini buah dari pembinaan generasi dengan berbagai kegiatan yang telah kami lakukan dengan serius,” ujar Dedy, Senin kemarin.

Kata dia, Karang Taruna sebagai wadah pembinaan generasi muda, dituntut untuk menggali dan menumbuhkembangkan potensi generasi muda yang ada dilingkungan. Baik potensi sumber daya manusia maupun potensi sumber kesejahteraan sosial lainnya. ”Kita tidak ingin usia muda yang sangat produktif ini disia-siakan untuk kepentingan yang tidak penting dan berbau hedonis,” terangnya.
Dedy mengaku, seiring dengan perkembangan berbagai sektor kehidupan bermasyarakat, Karang Taruna ”Maju Bersama” Kelurahan Lewirato telah bergerak cepat semenjak pemekaran tiga tahun lalu, dengan melakukan berbagai upaya pembinaan terhadap generasi muda dilingkungannya. ”Meski usia karang Taruna kami tergolong belia, namun kami tertinggal untuk melakukan pembinaan pemuda dalam segala aspek,” akunya.
Mahasiswa STIH itu membeberkan beberapa program unggulan yang terus dilakukan, sektor usaha ekonomi produktif (UEP) seperti bidang peternakan berupa penggemukan sapi, ternak kambing, ternak bebek dan itik. Pada bidang pertanian berupa, apotek rumah tangga dan sayur-sayuran dengan memanfaatkan areal pemakaman seluas 10 are. Sedangkan pada bidang perikanan dengan membudidayakan ikan lele, kemudian dibidang kewirausahaan dengan mendirikan usaha perbengkelan pemuda, pembuatan pot bunga, pangkas rambut pemuda, serta pemanfaatan kotoran sapi untuk dijadikan pupuk kompos serta limbah rumah tangga dengan memisahkan sampah organik dena non organik menjadi pupuk kompos.
Untuk sektor Seni dan budaya, lanjut Dedy seperti dengan melakukan kegiatan tahunan dalam rangka penyambutan pagelaran seni dan budaya Bima. Pada sektor olahraga seperti melakukan pembinaan dan pelatihan generasi muda baik di bidang olahraga sepakbola dan volley ball. Pembinaan mental. Seperti pembinaan generasi muda agar terhindar dari kenakalan remaja, penyelahgunaan narkoba dengan memberikan ruang dan kesempatan untuk membuka lapangan kerja.
Dedy menambahkan, dari tampilan fisik kegiatan dokumentasi, pembenaran administrasi kegiatan tersebut telah dipaparkan olehnya di hadapan tim Penilai lomba Karang Taruna tingkat Provinsi di Mataram. Ternyata Karang Taruna “Maju Bersama” Kelurahan Lewirato memperoleh peringkat pertama dan dipercayakan untuk mewakili Provinsi NTB “Menembus Istana” dan mengikuti penilaian Karang Taruna Tingkat Nasional. “Tim penilaian dari pusat akan hadir di Kota Bima pada 14 Juli mendatang,” bebernya. (515
×
Berita Terbaru Update