Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jelang Perhelatan Dua Abad Tambora, Disbudpar Getol Lakukan Promosi

02 Januari 2013 | Rabu, Januari 02, 2013 WIB Last Updated 2013-01-01T17:30:01Z


Dompu, (SM).- Gunung Tambora yang berada di ujung  Barat Kabupaten Dompu,  dalam beberapa tahun lagu bakal disulap sebagai obyek wisata yang sangat diagungkan oleh masyarakat Indonesia dan negara asing, karena sejarah meletus Tambora mengemparkan dunia.

Pada 2015 mendatang, masyarakat dunia akan mengenang usia dua abat meletusnya tambora. Tambora meletus sekitar tahun 1518, dengan menghancurkan tiga kerajaan yang berdiri di Kecamatan Pekat dan konon kabar akibat dahsyatnya letusan gunung Tambora, sehingga merubah iklim di sebahagian daratan eropa selama satu tahun.
Peristiwa ini tentu saja akan memancing minat wisatawan berkunjung ke Dompu guna ikut merayakan perhelatan dua abat meletus gunung tambora. Karena demikian, pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Perkebunan dan Pariwisata (Disbudpar) akan berupaya keras dalam melakukan mempromosikan rencana kegiatan perayaan dua abat meletus gunung tambora 2015 mendatang.
Plt Kepala Disbutpar, Ir.Syarifuddin yang ditemui mengatakan, menjelang perhelatan dua abat meletus tambora, pihaknya telah menyusun berbagai rencana strategis mulai dari tahapan persiapan hingga pelaksanaannya. Ini bertujuan agar kegiatan perayaan tersebut berjalan lancar sesuai keinginan pemerintah pusat dan daerah. “Jadi kita sudah memadukan rancangan yang dibuat pemerintah provinsi dengan rencana yang kami buat di daerah Dompu supaya kegiatan yang dilaksanakan betul – betul maksimal,” ujar Syarifuddin mantan Kadis Dislutkan Dompu ini.
Upaya Pemda Dompu mulai tahun 2013 ini adalah melakukan sosialisasi dan promosi dengan menggunakan media massa agar masyarakat Indonesia dan manca Negara memperoleh informasi terkait kegiatan perayaan dua abat meletus tambora. “Kami akan membua webste khusus memprosikan potensi wisata tambora dan jadwal kegiatan perayaan itu,” terangnya.
Disamping itu, Disbudpar menyadari peran pentingnya peran dinas/instansi lain dalam mengambil bagian agar mendukung kelancaran menuju persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut. Karena demikian, pihaknya akan terus membangun komunikasi dan berkoordinasi dengan Satker yang ada. Sebab masing – masing Satker memiliki fungsi dan peran dalam mempersiapkan sarana dan parasana serta hal lain yang mendukung kelancaran kegiatan perayaan dua abat meletus tambora. (dym)  
×
Berita Terbaru Update