Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pick-up Pengangkut BBM, Meledak

14 Agustus 2012 | Selasa, Agustus 14, 2012 WIB Last Updated 2012-08-14T02:51:28Z
Bima,(SM).- Di jalan perempetan Desa Talabiu Senin kemarin sekitar pukul 10.00 wita terjadi kebakaran hebat. Mobil Pick up yang mengangkut delapan drum bensin meledak dan susah dipadamkan.
Naasnya lagi, 20 orang warga yang mencoba padamkan api, mengalami luka bakar. Akibat kebakaran itu. Bahkan, satu unit sepeda motor Honda Blade nomor Polisi EA 4217 NA yang tak jauh dari tempat kejadian, ludes terbakar. Hingga sore kemarin belum diketahui siapa pemilik sepeda motor naas itu. 
Dari 20 korban, 4 orang lainnya luka serius. Yaitu Jainuddin Abdullah 34 tahun asal RT 01 Desa Talabiu, Agus Burhan 32 tahun asal RT 01 Desa Talabiu, Abdullah 43 tahun asal RT 08 Desa Talabiu dan Thamrin H. Ahmad asal RT 02 Desa Talabiu. Korban dilarikan ke Puskesmas Woha. Sebagian yang tak mampu ditangani Puskesmas setempat, dilarikan ke RSUD Bima untuk mendapatkan perawatan intensif.
Drama pemadaman api di mobil Pick up saat itu butuh waktu yang tak sedikit. Lima unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan  untuk memadamkan api, seperti tidak bisa berbuat banyak. Semakin disiram, api kian berkobar. Warga yang semula berada di depan untuk memadamkan api dengan melempar pasir, berlari dan menjauhi amukan si jago merah.
Begitu terus yang terjadi, upaya pemadaman membutuhkan waktu yang lama. Hingga kemudian datang bantuan Water Cannon milik Polres Bima  yang berusaha memadamkan api. Untung saja api cepat dipadamkan, jika tidak akan menjalar di beberapa rumah yang tidak jauh dari tempat ledakan.
Akibat kejadian itu, jalan perempatan lumpuh total, tak ada yang bisa melewati jalur, karena warga tengah huru hara berurusan dengan si jago merah. Belum diketahui pasti sumber api yang meledakkan mobil Pick up itu. Hingga kini, masih terus dicari tahu oleh pihak yang berwenang.
Namun di lokasi kejadian, Ihwan seorang anggota tentara yang bertugas sebagai Babinsa di Kecamatan Woha mengatakan, saat awal kejadian, dia tidak terlalu jauh dari mobil pick up yang terbakar. Dirinya yang juga melaju ke arah Talabiu, tiba tiba melihat percikan api di atas mobil pengangkut delapan drum bensin itu. “Saya tidak melihat asalnya dari mana, tapi warga yang ada di sekitar jalan itu memberitahu, tadi ada bus lewat dan seorang penumpang melempar sisa batang rokok keluar dan tersangkut di mobil Pick up itu,” ujarnya.
Dia melanjutkan, awalnya yang terlihat hanya beberapa percikan api, setelah mobil belok ke arah jalur Kecamatan Bolo beberapa meter kemudian mobil dibagian belakang terbakar. “Yang ada di tempat itu semuanya panik dan berusaha memadamkan api. Sedangkan supirnya kabur,” bebernya.
Masih di lokasi kejadian, Trantib Pol-PP Kecamatan Woha, Syamsudin mengaku tidak tahu pasti sumber api. Namun kebakaran hebat itu, berdasarkan pengakuan masyarakat yang melihatnya, tiba-tiba saja muncul berupa percikan api dan kemudian meledak. “Tadi ada lima kali ledakan. Api yang semakin di siram, pun semakin berkobar dan susah dipadamkan,” katanya.
Di Puskesmas Woha, teriakan kesakitan korban kebakaran memecah berbagai ruangan. Dari puluhan warga yang terkena luka bakar, sebanyak 10 orang kemudian di rujuk ke RSUD Bima karena mengalami luka bakar yang cukup serius. Sebagian berada di Puskesmas Woha.
Kepala Puskesmas Woha, Ganis mengatakan, pihaknya menerima kedatangan korban kebakaran sebanyak 12 orang. Namun tak ada yang mengalami luka berat, hanya tingkat dua. “Luka bakar yang saya lihat hanya luka bakar tingkat dua, tidak ada yang begitu parah,” ujarnya.
Adapujn nama korban luka baker tersebut yakni, Jainuddin Ismail asal Desa Talabiu,  Jaharudin asal Desa Padolo, Fadlin Usman asal Desa Talabiu, Jainudin Abdullah asal Desa Talabiu, Ilham H. Abdullah asal Dusun Godo Desa Dadibou, M. Said Abdullah asal Desa Talabiu, Abubakar Yasin asal Desa Talabiu, M Amin Usman asal Desa Talabiu, Syarif asal Desa Talabiu, Baharuddin asal Desa Nata, Sumardin asal Desa Talabiu, Fagih asal Desa Talabiu, Thamrin H. Ahmad asal Desa Talabiu, Agus Burhan asal Desa Talabiu, Hasan Sidik asal Desa Talabiu, Zul Fahmi asal Desa Talabiu, Ishaka Kamil asal Desa Talabiu, Ilham H. Ibrahim asal Desa Talabiu, Supriyadin asal Desa Talabiu dan Djalil asal Desa Talabiu (Sumber data: Puskesmas Woha) (SM.07/SM06)
×
Berita Terbaru Update