Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Program Akselarasi SMAN 3, Berjalan Stabil

05 Juli 2012 | Kamis, Juli 05, 2012 WIB Last Updated 2012-07-05T09:32:47Z
Kota Bima, (SM).- Dua tahun sudah SMAN 3 Kota Bima menjalankan program akselerasi untuk siswa. Selama itu, pelaksanaannya cenderung berjalan stabil dan tidak mengalami kemunduran. Namun kedepan, sekolah tersebut akan berupaya terus meningkatkan jumlah siswa yang masuk dalam program dimaksud.
Kepala SMAN 3 Kota Bima, Drs. H. Abdul Gafar yang ditemui di ruangannya, Rabu kemarin menjelaskan, pelaksanaan program akselarasi di sekolahnya berbeda dengan sekolah lain. Jika sekolah lain menerapkannya dengan sistem klasikal, namun pihaknya melaksanakannya dengan sistem merekrut siswa yang memiliki kompetensi lebih dari yang lain, kemudian diarahkan untuk masuk pada program itu.
Metodenya dimulai dari menjaring siswa yang memiliki Nilai Evaluasi Murni (NEM) tertinggi. Setelah itu, diarahkan untuk masuk pada program akselarasi dan mengambil Sistem Kredit Semester (SKS) lebih banyak dari siswa regular.
“Proses belajar mengajarnya sama dengan siswa regular. Sehari hari yang akselarasi tidak memiliki kelas tersendiri, mereka bergabung dengan siswa reguler lain. Setelah siswa regular pulang, siswa akselarasi kemudian melanjutkan pelajaran hingga pukul 16.30 wita,” jelasnya.
Pelaksanaannya pun diharapkan kedepan terus semakin bertambah, pihaknya pun berencana akan merekrut lebih banyak lagi siswa yang memiliki NEM tertinggi untuk masuk dalam program akselarasi. Manfaat dan kegunaannya pun sangat besar dirasakan siswa. Karena memiliki kemampuan untuk masuk pada program percepatan, maka lebih cepat juga mereka menyelesaikan sekolah pada menengah atas. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update