Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Renovasi Kantor Desa Dinilai Asal-asalan

09 April 2012 | Senin, April 09, 2012 WIB Last Updated 2012-04-09T14:40:29Z

Bima, (SM).- Komisi III DPRD Kabupaten Bima menilai pekerjaan renovasi sejumlah kantor Desa di Kabupaten Bima asal-asalan. Pekerjaan terkesan hanya mengejar kwantitas, dengan kesampingkan kwalitas.
Keterpurukan mutu pekerjaan tersebut, diungkap komisi III setelah melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) realiasi penggunaan APBD tahun 2011 oleh Pemkab Bima. Sejumlah kantor Desa yang direovasi telah dikunjungi.

Pelapor Komisi III Fahrirrahman, dalam laporannya menyampaikan temuan Komisi III saat melakukan Monev. “Kantor Desa yang dikunjungi Komisi III anntara lain, Desa Tarlawi (Wawo), Desa Boke (Sape), Desa Risa (Woha) dan Desa Parado Wane (Parado),” ujarnya.
Fahrirrahman melaporkan, secara umum Komisi III menilai pelaksanaan kegiatan renovasi kantor Desa jauh dari harapan. Pekerjaan terkesan hanya mengejar kwantitas dan mengesampingkan kwalitas.
Hal ini, kata dia, dapat dilihat dari hasil pekerjaan renovasi kantor-kantor desa tersebut diatas dan sejumlah kantor Desa lainnya yang asal-asalan. “Temuan kami Kantor desa Boke misalnya, sebagian kusen sudah dimakan rayap karena menggunakan kayu sonoklin, meteren listrik kantor yang dipindah saat direnovasi, belum ditempatkan kembali pada bangunan, dibiarkan menempel pada batang pohon,” ungkapnya.
Untuk kantor Desa Tarlawi, lain lagi permasalahannya. Dalam perencanaannya direnovasi, tapi dalam pelaksanaannya kontraktor justru melakukan pembangunan baru dengan menggunakan uang sendiri. Hal tersebut dilakukan kontraktor, jelasnya, karena pada saat direnovasi bagian-bagian lain dari bangunan tersebut justru roboh. Karena secara fisik, kondisi bangunan kantor Desa tersebut sudah rusak parah.
“Terkait dengan temuan-temuan tersebut, kami menyimpulkan bahwa bagian Administrasi Pembangunan selaku leading sektor proyek tersebut, tidak mengelola pekerjaan renovasi kantor Desa dengan baik,” ucapnya.
Komisi III merekomendasikan pada Bupati Bima agar mengevaluasi kinerja Bagian Administrasi Pembangunan. Khususnya
×
Berita Terbaru Update