Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

STAI Muhammadiyah Buka Prodi Baru

17 Februari 2012 | Jumat, Februari 17, 2012 WIB Last Updated 2012-02-17T15:08:21Z

Kota Bima, (SM).- Guna menunjang dan menjawab tantangan kebtuhan pencerdasan anak bangsa, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Bima, kembali membuka Program Studi (Prodi) baru, yakni Pendidikan Bahasa Arab. STAI dalam keberadaanya memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan, sebelumnya menggulirkan Prodi Pendidikan Agama Islam.

Ketua STAI Muhammadiyah Bima, Drs Dahimin, M.Pd pada Suara Mandiri di ruang kerjanya, Kamis kemarin menjelaskan, niat dan keinginan membuka akses pendidikan keilmuan utama sekali bertaut pendidikan keagamaan, sudah sejak lama, termasuk mengadakan dan menyelenggarakan sebuah Prodi S1 Bahasa Arab.
Kata dia, dibuka dan syahnya Pendidikan Bahasa Arab menjadi salah satu Prodi baru di Sekolah Tinggi yang diketuainya, berdasar Surat Keputusan (SK) menteri Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, nomor Dj.I/1874/2011 tentang Izin pembukaan Program studi pada Perguruan tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) termasuk STAI Muhammadiyah Bima.
Tentu keinginan membuka prodi baru dimaksud, sebagai wujud memenuhi tuntutan pemerintah daerah, utama sekali yang ada di Pulau Sumbawa, atas ketersediaan tenaga pengajar bahasa arab. Hal mana, sesuai program pemerintah daerah, pada jenjang dan level Sekolah Dasar (SD) hingga SLTA sederajat, pemberlakuan dan penetapan baca tulis Al-Quran, menjadi salah satu bidang pelajaran yang tertuang dalam kurikulum muatan lokal. “Apalagi di NTB umumnya masih minim tenaga pendidik bahasa arab, maupun di Pulau Sumbawa sama sekali masih kurang tenaga pendidik untuk mata pelajaran tersebut”, ungkapnya.  
Dengan telah dikantonginya izin dimaksud, pihaknya, pada tahun ajaran baru 2011-2012 pada Juli-Agustus mendatang, akan menerima mahasiswa baru untuk Prodi Bahasa Arab dimaksud. “Pada siapapun warga masyarakat yang berkeinginan menempuh jalur dan jenjang pendidkan bahasa arab tersebut, kami persilakan mendaftarkan diri, pada tahuan ajaran Juli mendatang”, ajaknya. (SM.08)
×
Berita Terbaru Update