Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bupati dan Dishut Tinjau Bendung Raba Baka Kompleks

03 Agustus 2012 | Jumat, Agustus 03, 2012 WIB Last Updated 2012-08-14T01:56:36Z
Dompu, (SM).- Bupati Dompu Drs.H.Bambang M. Yasin didampingi Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Dompu Drs. Burhanuddin, Kepala Dinas PU Ir.Rusdin dan beberapa pejabat lainnya, meninjau langsung lokasi obyek pembangunan  bendung Raba Baka Komples  di Desa Tanju Kecamatan Manggelewa.
Kabid Planologi Dinas Kehutanan (Dishut) Dompu, Drs.Asikin Kamis (2/8) mengatakan, kunjungan Bupati ke lokasi itu, untuk mengkaji serta melihat kesiapan lahan-lahan  pendukung pembangunan sarana irigasi tersebut. Apalagi, tambahnya, dalam waktu dekat akan turun tim tukar pakai kawasan hutan yang terdiri dari berbagai unsur di dalamnya, diantaranya utusan dari pemerintah pusat, unsur perguruan tinggi, pegawai Dishut Provinsi NTB dan pihak Dishut Kabupaten Dompu.
“Jadi Bupati meninjau lokasi ini untuk melihat langsung  persoalan di lapangan, sehingga dengan begitu pemerintah bisa mengambil langkah yang tepat dalam  mempercepat pembangunan bendung raba baka kompleks,” terangnya.
Dijelaskannya, lahan genangan  di bendung raba baka kompleks Desa Tanju seluas 200 hektar. Dimana lahan tersebut merupakan milik masyarakat Tanju. Sejauh ini proses pemindahan warga belum dilakukan, mengingat lahan pengganti yang merupakan kawasan hutan yang berjarak sekitar lebih dari  1 kilo meter dari kediaman warga  saat ini, masih dalam upaya pembebasan.  
“Karena itu, tim tukar pakai kawasan hutan akan turun untuk menilai kelayakan dari lahan pengganti ini. Hasil penilaian tim  itu akan dijadikan sebagai dasar bagi penerbitan ijin  pembebasan kawasan hutan seluas 200 hektar pengganti lahan rakyat tersebut,” katanya. (SM.15)
×
Berita Terbaru Update