Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dana KBR Sudah Cair

24 November 2010 | Rabu, November 24, 2010 WIB Last Updated 2010-11-23T23:23:00Z
Bima, (SM).– Alokasi dana untuk penghijauan Kebun Bibit Rakyat (KBR) dengan anggaran penghijauan Kebun Bibit Desa (KBD) sebesar Rp 50 juta yang bersumber dari pemerintah pusat untuk masing-masing angota Kelompok Tani (Poktan) yang ada di wilayah Bolo- Madapangga sudah cair.
Kepala UPTD Kehutanan Bolo, Burhan pada Wartawan mengatakan, anggaran pengadaan bibit bagi tiga (3) Kelompok Tani (Poktan) di kecamatan ini sudah dicairkan beberapa hari lalu yang terdiri dari 1 Poktan KBD di Desa Rato dengan 2 KBR dengan masing-masing 1 poktan di Desa Rasabou serta 1 poktan di Desa Rada sebesar Rp 50 juta per-Poktan.
Menurutnya, dari jumlah alokasi anggaran Rp 50 juta tersebut, masing-masing poktan akan mendapatkan pencairan selama tiga termin, pada termin pertama per-Poktan mendapat pencairan sebesar Rp 15 juta yang dipergunakan untuk pengadaan bibit kayu jati, gemlina, sengon laut dan trembesi yang anggarannya masuk langsung pada rekening kelompok.
Sedangkan Kepala UPTD Kehutanan Madapangga, Zamhari, S.Hut yang dikonfirmasi, kemarin mengaku, dalam program yang sama, di wilayah Madapangga hanya diperoleh 1 Poktan yaitu penghijauan Kebun Bibit Rakyat (KBR) untuk pengadaan bibit jati putih, sengon, dan trembesi dengan jumlah anggaran sebesar Rp 50 juta.
Dijelaskan Zamhari, untuk bibit KBR, pengadaannya sudah lebih awal dilakukan pihaknya guna mengantisipasi musim hujan tahun ini yang telah didrop langsung pihaknya pada Poktan, karena khusus bibit jati harus disemaikan lebih awal bila dibandingkan dengan bibit-bibit lainya, “pengadaan bibit sudah dilakukan lebih awal”, tuturnya. (SM.11)
×
Berita Terbaru Update