Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bupati Ajak Lestarikan Kawasan Gilibanta

01 November 2010 | Senin, November 01, 2010 WIB Last Updated 2010-10-31T22:34:57Z
Bima, (SM).- Sebagai kawasan konservasi, pulau Gilibanta dan perairan yang melingkupinya mendapat perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima. Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ST pada kesempatan silaturahmi dengan jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan dan Camat Lambu yang digelar di Pantai Papa Sabtu siang (30/10) secara khusus memaparkan arti penting keberadaan kawasan perairan ini bagi masa depan sektor perikanan di wilayah timur Kabupaten Bima.
Kabag Humas dan Protokol Setda Bima, melalui Kasubag Informasi dan Pemberitaan,Suryadin, S.S, M.Si kepada Koran ini dalam siaran persnya, Sabtu kemarin mengatakan, di hadapan jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan serta masyarakat pesisir Lambu, Bupati Ferry memaparkan arti strategis kawasan perairan Gilibanta dalam menopang sektor perikanan tangkap di Kabupaten Bima. Pengalihan status Gilibanta yang menjadi kawasan konservasi harus dimanfaatkan dan dilestarikan secara berkelanjutan.
“Jaga dan lestarikan terumbu karang Gilibanta sebagai tempat berkembangbiaknya beragam jenis ikan. Gunakan cara-cara yang halal untuk menangkap ikan karena populasi dan potensi ikan di kawasan tersebut akan langsung berpengaruh pada pendapatan nelayan Sape, Lambu dan sekitarnya yang menggantungkan hidupnya pada mata pencaharian sebagai nelayan”, harap Bupati Ferry. 
Ajakan untuk melestarikan kawasan perairan Gilibanta sebagai penyangga ekosistem laut yang memiliki arti penting bagi habitat ikan inio karena konsumsi ikan yang kian bertambah dari tahun ke tahun yang memerlukan stok pangan ikan melimpah.  “Masa depan populasi ikan di Gilibanta akan sangat bergantung pada keseriusan kita untuk menjaga dan melestasikan lingkungan perairan ini”, ungkap Ferry.
Oleh karena itu, penggunaan bom ikan dan sejenisnya akan secara langsung merusak terumbu karang dan mengurangi populasi ikan. Untuk ini kepada instansi terkait dan juga Camat Lambu diinstruksikan untuk mengawasi secara ketat pemanfaatan perairan Gilibanta bagi penangkapan ikan oleh nelayan.
“Konsumsi ikan akan meningkatkan kualitas SDM generasi muda karena kandungan protein berupa Omega 3 yang cukup tinggi dan sangat penting bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak”, tandas Bupati. (SM.02)
×
Berita Terbaru Update