Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sukseskan UN, Dikpora Kerjasama dengan PLN

03 April 2012 | Selasa, April 03, 2012 WIB Last Updated 2012-04-03T07:55:49Z

Bima, (SM).-  Untuk suksesnya Ujian Nasional (UN) dan mengantisipasi gangguan listrik, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bima melakukan kerjasama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Cabang Bima. Hal itu, dilakukan agar pada saat pelaksanaan UN tidak terjadi pemadaman lisatrik. Demikian pengakuan Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Drs Zubair HAR MSi, di Desa Runggu saat pembukaan Lomba Cerdas Cermat tingkat sekolah dasar, Sabtu (31/3).

Dijelaskannya, pelaksanaan UN bagi sekolah dasar yang akan digelar pada awal Mei mendatang harus terlaksana dengan baik. Kata dia, UN itu agenda nasional, sehingga dari sekarang harus dipikirkan segala kemungkinan yang akan dapat menghambatnya. Dengan seringnya kejadian pemadaman listrik sekarang, maka Dinas Dikpora sudah melayangkan surat untuk mengajak kerjasama PT PLN. “Saya sudah bersurat ke PLN, tinggal menunggu jawabannya”, ujar Zubair.
Dijelaskanya, dalam pelaksanaan UN, faktor listrik mempunyai peran penting. Pasalnya, ada mata pelajaran yang butuh penggandaan. Di contohkanya, untuk mata pelajaran matematika dengan soalnya yang terbatas dan akan diketahui kekurangan setelah amplot soal dibuka. Sehingga kekurangan soal itu harus digandakan dengan memfoto kopi. Demikian juga dengan Pelajaran Bahasa Inggris, ada ujian Listening. “Listening ini harus pakai tenaga listrik untuk didengarkan oleh siswa, kalau listriknya mati, akan jadi masalah”, ungkapnya.
Kata dia lagi, selain itu, pihak sekolah juga harus bekerjasama dengan pengusaha foto kopi, maksudnya, agar menyiapkan mesin Jenset. Supaya pada saat pemadaman, mesin foto kopi tetap bisa menyala atau tetap berfungsi. Sehingga, dengan demikian tidak menghambat jalanya pelaksanaan UN.
Sedangkan tekadnya, untuk tahun sekarang peserta UN harus lulus dengan predikat terbaik atau harus mampu lulus seratus persen. “Saya bertekad, supaya peserta UN lulus semua. Tekad ini sudah disampaikan kepada seluruh kepala sekolah bahkan sudah disosialisasikan”, tandas Zubair. (SM.12)
×
Berita Terbaru Update