Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dinas Dikpora Gelar Lomba Cerdas Cermat

03 April 2012 | Selasa, April 03, 2012 WIB Last Updated 2012-04-03T08:02:27Z

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Senin (3/4/12) menggelar Lomba Cerdas Cermat empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI tingkat, SMA/MA/SMK se Kabupaten Bima. Foto BIN SM.
Bima,(SM).- Dalam rangka sosialisasi dan memasyarakatkan pilar-pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Senin kemarin menggelar acara Cerdas Cermat empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI tingkat, SMA/MA/SMK se Kabupaten Bima.  

Ketua Panitia, Drs. M. Saleh AB, MSi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan rutin pertahun. Selain bertujuan memasyarakatkan empat pilar bangsa dan negara, disamping itu juga lomba tersebut juga untuk menjaring sekolah sekolah yang ada di Kabupaten Bima tingkat SMA untuk mewakili Kabupaten Bima berlomba pada tingkat Provinsi dan Nasional. “Melalui Lomba ini, akan muncul siswa yang berprestasi. Kemudian selanjutnya terus di bina untuk mengikuti kegiatan yang sama pada tingkat yang lebih tinggi,” ujarnya, Senin kemarin di halaman Dinas Dikpora Kabupaten Bima.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, lanjut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Dikpora Kabupaten Bima, peserta yang iktu sebanyak 42 sekolah. Sedangkan sumber dananya, Pemerintah Kabupaten Bima sudah mempersiapkan dana dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, terutama pada generasi muda sebagaimana yang diharapkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Bima. “Untuk itu kami berharap kepada siswa yang nantinya keluar sebagai juara bisa mengharumkan nama daerah di tingkat Provinsi dan Nasional,” harapnya.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Dikpora Kabupaten Bima, H. Hafiduddin, SH dalam sambutannya mengatakan, cerdas cermat bukanlah tujuan akhir dari pelaksanaan itu, melainkan proses untuk mencapai tujuan pendidikan, yakni siswa memiliki kompetensi sesuai mata lomba. “Tujuan akhirnya nanti yakni terbitnya kecerdasan siswa dalam Ilmu Pengetahuan maupun kecerdasan tingakh laku dan tutur kata,” ujarnya berapi-api.
Menurutnya, cerdas cermat merupakan alat untuk mengukur kemampuan dan daya serap siswa dari materi pilar kehidupan, berbangsa dan bernegara yang menjadi tema lomba tersebut. Kemudian mampu menciptakan generasi masa depan yang sukses, cerdas, cemerlang, gemilang, dunia dan akhirat. (SM.07)
×
Berita Terbaru Update