Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Disesalkan Adanya Musdalub DPD FK-PKBM Bima

03 April 2012 | Selasa, April 03, 2012 WIB Last Updated 2012-04-03T07:55:14Z

Bima, (SM).- Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima, Drs Zubair HAR, MSi menyesalkan adanya Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Dewan Pengurus Daerah Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (DPD FK-PKBM) Kabupaten Bima.
Kepada sejumlah wartawan, Zubair mengaku sangat kecewa dengan ulah beberapa pengelola PKBM. “Saya nilai, apa yang dilakukan pengelola PKBM itu seperti organisasi partai politik. Sedangkan FK-PKBM berbentuk organisasi sosial masyarakat yang berskala nasional yang beranggotakan PKBM di seluruh kabupaten Bima”, ungkap Zubair.

Menurutnya, hingga saat ini penyebab Musdalub dan hasilnya tidak diketahui. Permasalahannya, dinas tidak pernah mengeluarkan SK pembentukan forum. Adapun dinas hanya mengeluarkan rekomendasi program dan ijin operasional PKBM.
Soal ada dugaan intervensi bagian Pendidikan Luar Seklah (PLS) Dinas Dikpra Kabupaten Bima, Zubair mengaku tidak mengetahuinya. Bahkan dirinya baru sekarang mengetahuinya, oleh karena itu dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi ataupun melakukan klarifikasi persoalan itu dengan pihak PLS.
Sementara itu, Ketua DPD FK-PKBM Kabupaten Bima, Drs Abdul Haris mengakui adanya Musdalub itu, bahkan   pelaksanaan Musdalub FK-PKBM Kabupaten Bima yang digelar pada Ahad 12 Pebruari di Cafe Pandaan, telah melahirkan dualisme kepengurusan.
Musdalub itu berlangsung, tanpa didahului oleh laporan pertanggungjawaban pengurus lama yang memang masa bhaktinya mulai tahun 2011 dan akan berakhir tahun 2016. DPD FK-PKBM Kabupaten Bima sudah di-SK-Kan oleh DPW FK-PKBM Provinsi NTB dengan nomor :006/DPW/FK-PKBM/SK/II-11 tertanggal 3 Maret 2011.
Kata dia, Musdalub itu berlangsung, tanpa ada SK pencabutan ataupun surat pernyataan pengunduran diri pengurus ataupun ada kesalahan berat yang tidak bisa ditolerir seperti apa yang termuat dalam AD/ART Forum.
“Forum lahir untuk mewadahi PKBM yang ada, juga untuk melakukan pembinaan dan pengembangan PKBM di seluruh Kabupaten Bima serta memotifasi berdirinya PKBM dan mengembangkan peran PKBM dalam melaksanakan programnya dalam bidang sosial kemasyarakatan”, terangya.
Di dalam SK itu juga, selaku dewan penasehat ada Bupati Bima, Wakil Bupati Bima, Ketua DPRD Kabupaten Bima dan Kepala Dinas Dikpora. Sedangkan dewan pembinanya Kabid PNF-PO Dikpora dan Kepala SKB Kabupaten Bima. “Sampai hari ini saya belum terima SK pemberhentian ataupun SK pemecatan”, ujar Haris, mantan anggota Panwaslukada 2010 di Runggu, Sabtu (31/3).
Lanjutnya, menurut informasi, hasil Musdalub itu terpilih secara aklamasi saudara M Salahudin, S.Ag Ketua PKBM Al-Ikhlas Desa Ncera Kecamatan Belo, Sekertarisnya Herman, SE selaku Ketua PKBM Mada Seli dari Kecamatan Donggo dan Jufrin HMS selaku Ketua PKBM Mekar Sari dari Kecamatan Waworada. (SM.12)

×
Berita Terbaru Update