Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bupati dan Wabup Wawancara Calon Kasek

02 Desember 2010 | Kamis, Desember 02, 2010 WIB Last Updated 2010-12-16T17:25:01Z
Bima, (SM).- Bupati Bima H.Ferry Zulkarnain, ST dan Wakil Bupati (Wabup) Bima Drs H.Syafruddin HM Nor, MPd ikut menyeleksi para calon Kepala Sekolah (Kasek) yang bertempat di SMAN 1 Woha, Selasa kemarin. Wakil Bupati Bima menyeleksi calon Kasek di ruangan Kepala SMAN 1 Woha, sedangkan Bupati Fery menyeleksi 50 orang calon lainya.
Liputan Koran ini, Wakil Bupati mulai melakukan tes wawancara terhadap 3 orang calon Kasek SD secara simbolis, 3 orang Cakep diwawancarai itu adalah Ico Rahmawati, SPd dari SDN Bajo dan Ahmad, SPd dari SDN No 2 Tente serta M Saleh SPd dari SDN Inpres 1 Maria. Ketiga calon itu, dicerca pertanyaan menyangkut kepala sekolah termasuk tugas pokok, manajemen keuangan  dan administrasi secara umum selama satu jam.
Usai tes wawancara calon Kasek SD, Wakil Bupati melakukan tes terhadap calon Kasek SMP, masing-masing Sumadi SPd dari SMPN 1 Woha, Salahudin SPd, MEp asal SMPN 2 Wera dan Amirudin SPd dari SMPN 4 Sape. Sedangkan tiga calon Kasek SMA yang dites wawancara masing-masing Drs Suherman dan Drs Nasarudin dari SMAN 1 Woha, serta Ir Zubair dari SMAN 1 Sape.
Kepala BKD Drs Tajudin mengatakan, dengan ikutnya Bupati dan Wakil Bupati menyeleksi calon Kasek, hal itu menunjukan kedua pemimpin daerah itu sangat peduli dengan dunia pendidikan. “Pak Wakil Bupati rela untuk duduk berjam-jam guna menyeleksi para calon Kasek. Dengan sendirinya pimpinan daerah akan tahu sendiri kualitas para calon itu”, ujar Tajudin yang ditmui di SMA 1 Woha, Selasa Kemarin.
Kata dia, kualitas seorang Kasek baik secara akademik maupun secara leadership akan diketahui langsung oleh kedua pemimpin itu, sehingga berdampak pada penentuan kelulusan seorang calon Kasek.
Keterlibatan Bupati dan wakilnya dalam menyeleksi langsung secara akademik, merupakan yang pertama kali dilakukan. Walaupun tes calon Kasek di Kabupaten Bima, sudah berlangsung dua kali. Hal itu di lakukan guna menindaklanjuti amanat dari Peraturan Kementerian Perndidikan Nasional nomor 28 tahun 2010.
Bagi calon Kasek yang dinyatakan lulus akademik, Bupati Bima sudah menyiapkan anggaran untuk kegiatan pendidikan dan latihan. Diklat itu akan dilangsungkan pada bulan Januari 2011 mendatang.
“Bagi yang lulus akan ikut Diklat seratus jam dengan standar minimal, diberikan juga sertifikat. Termasuk para calon Kasek yang lulus tahun lalu, namun mereka tidak lagi ikut seleksi”, tandas Tajudin seraya mengatakan bahwa hasil seleksi itu akan diumumkan pada pakan kedua bulan Desember nanti.(SM.12) 
×
Berita Terbaru Update