Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Istana Kesultanan Bima Ikuti FKN VIII

01 September 2012 | Sabtu, September 01, 2012 WIB Last Updated 2012-09-03T00:27:03Z
Bima, (SM).- Rombongan Istana Kesultanan Bima bertolak ke kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara tanggal 25 dan tanggal 29 Agustus untuk mengikuti Festifal Keraton Nusantara (FKN) VIII.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima H.Nurdin SH mengungkapkan, event akbar Kerajaan Nusantara ini akan berlangsung selama lima hari dimulai dari tanggal 1 sampai 5 September 2012. “Puncak acara dipusatkan di Kompleks Kesultanan Buton Bau Bau”, ujar Nurdin SH melalui Kasubag Informasi dan Pemberitaan Humas Setda Bima, Suryadin, S.S, M.Si.
Kata dia, tahun ini, sebanyak 36 orang yang merupakan duta Istana Kesultanan Bima akan ikut serta pada sejumlah kegiatan, antara lain pameran benda pusaka, festival makanan (food) kraton, kirab prajurit keraton, kesenian klasik, peragaan busana kraton dan dialog/musyawarah raja dan sultan se-Nusantara.
“Kesultanan Bima akan menampilkan tarian klasik istana dan memamerkan foto benda-benda pusaka seperti Keris Samparaja, La Nggunti Rante dan sejumlah koleksi pusaka lainnya", jelasnya.
Selain Kerajaan Bima, sejumlah kerajaan menyatakan keikutsertaan pada FKN di Bau Bau ini, dan sampai dengan H-2 telah hadir 42 kesultanan dari berbagai daerah di tanah air.
“Prosesi acara akan diawali pesta adat penyambutan dalam "welcome dinner" tanggal 1 September  jam 19.00 Wit di baruga keraton Walio Kota Bau Bau”, urainya.
Jum’at (31/8) rombongan Kabupaten Bima yang dipimpin Ruma Pertiga Kesultanan Bima DR. Hj.ST. Maryam Binti Sultan M. Salahuddin diterima di Bandara Beto Ambari dan disambut kalungan bunga dari Sekda Kota Bau Bau kepada Ruma Partiga Kesultana Bima DR. Hj. ST Maryam. Setelah penyambutan, Jumat Malam (31/8) akan dilanjutkan silaturahmi dengan warga Bima di Bau Bau. (SM.02)
×
Berita Terbaru Update