Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kegiatan Program PPA-PKH, Digelar

10 Mei 2012 | Kamis, Mei 10, 2012 WIB Last Updated 2012-05-10T05:34:52Z

Bima, (SM).- Wakil Bupati Bima Drs.H.Syafrudin HM.Nur M.Pd membuka Pelaksanaan Program Pengurangan Kerja Anak dalam rangka mendukung Keluarga Harapan (PPA – PKH) tingkat Kabupaten Bima tahun 2012, Selasa (8/5) di Paruga Nae Kecamatan Woha.

Pada kegiatan yang dihadiri jajaran Disnakertrans, para camat, kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima,  Dinas Dikpora Kabupaten Bima dan anak-anak yang berasal dari Sekolah Dasar tersebut, Wakil Bupati Bima Drs. H.Syafrudin HM.Nur. M.Pd mengatakan, anak merupakan bagian penting dari masa depan bangsa dan daerah ini, karena di tangan merekalah tangung jawab dan kehidupan sosial memasyarakatan akan diletakkan.
Wabup menyatakan, dalam dokumen RPJMD kabupaten Bima dalam Agenda Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia dan Kependudukan, pemerintah daerah secara khusus mendorong  upaya peningkatan angka melek huruf terutama pada usia 15-24 tahun, rata-rata lama sekolah, angka partisipasi kasar dan angka partisipasi murni. 
“Amanat RPJMD ini menjadi acuan pemerintah darah dan para pemangku kepentingan dalam mengarahkan titik berat  untuk menata, membina dan mengarahkan anak-anak kita saat ini untuk menjadi generasi pelaku-pellaku pembangunan untuk masa-masa yang akan datang. Amanat ini sejalan juga dengan harapan konvensi Internasional Labour Organitation (ILO) nomor 138 tahun 1973 tentang usia minimum yang boleh dipekerjakan dan undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perindungan anak”. Terang H. Syafrudin.
Seiring dengan pelaksanaan program ini, ada serangkaian kegiatan teknis pembinaan yang dilakukan untuk menumbuhkembangkan anak-anak secara optimal, baik dari sisi fisik, mental dan sosial serta tingkat intelektual, sehingga mereka yang ditarik dari pekerja anak, memiliki motivasi dan semangat untuk kembali ke pendidikan yang ditekuni sebelumnya.
Wabup berharap agar meski berada dalam keterbatasan, ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menuju kesuksesan. Kembali ke pendidikan merupakan kata kunci, karena di dalam ada banyak ilmu yang mengantarkan kita untuk membangun potensi diri.
Kadis Nakertrans Drs. Ishaka dalam laporan mengatakan program PPA-PKH  merupakan  program unggulan nasional yang  bertujuan  mengurangi jumlah pekerja anak dan  anak yang bekerja dalam bentuk pekerjaan terburuk bagi anak.  
Kabupaten Bima adalah satu–satunya daerah di  NTB yang menjadi sasaran program PPA – PKH sejak tahun 2010. Di tahun 2010 telah  dikembalikan 60 orang kedunia pendidikan,  tahun 2011 juga telah menarik anak sebanyak 60 orang dan telah dikembalikan ke dunia pendidikan 100 %. Pada tahun 2012, Kabupaten Bima kembali mendapat program PPA – PKH dengan menarik anak sebanyak 150 orang dari 5  kecamatan yaitu  Ambalawi 10 orang,  Wera 20 orang,  Woha 40 orang,  Monta 40 orang dan kecamatan Bolo 40 orang.
Pembukaan pelaksanaan program ini ditandai dengan penyematan tanda pengenal anak penerima manfaat program PPA – PKH yang diwakili oleh siswa  dari lima kecamatan sasaran program (SM.07)

×
Berita Terbaru Update