Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dikpora Gelar Kegiatan Penyusunan Soal US

20 Februari 2012 | Senin, Februari 20, 2012 WIB Last Updated 2012-02-20T02:29:33Z

Kegiatan penyusunan soal US dan kisi-kisi soal UN yang diselenggarakan Dinas
Dikpora Dompu di gedung PKK dan Dharma Wanita (Foto: Dedy SM)
Dompu, (SM).- Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Dompu menggelar kegiatan penyusunan soal Ujian Sekolah (US) bagi siswa kelas tiga SMP dan SMA.
Kabid Dikmen Dinas Dikpora Dompu, Hj.Dra.St Nafisa M.Si, Sabtu (18/2) mengatakan, tim yang terlibat di dalam pembuatan soal US itu adalah para guru dari berbagai sekolah SMP dan SMA yang diseleksi secara khusus berdasarkan tingkat kopetensinya dan memiliki keahlian dalam menggunakan komputer. Sedangkan pihaknya hanya sebagai penyelenggara kegiatan saja.

Kata dia, ada dua tugas yang dibebankan pada tim tersebut, yakni menyusun kisi-kisi soal UN dan menyusun soal US. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari dimulai sejak Rabu dan berakhir Sabtu kemarin”, terangnya.
Dijelaskannya, dari empat hari kegiatan, pihaknya menyelesaikan penyusunan kisi-kisi soal hanya sehari saja dengan mengacu pada panduan yang dikirim pemerintah pusat. Sedangkan untuk pembuatan soal memakan waktu selama tiga hari. Dan untuk mencapai hasil yang maksimal, tim dipandu oleh seorang nara sumber dari pemerintah pusat yakni Widana S.Pd, M.Pd. Soal US akan dibuat empat macam. Kemudian soal mana yang akan digunakan nanti ditentukan dari hasil pengacakan yang dilakukan   Dikpora Kabupaten dan utusan MKKS, terangnya.
Lanjutnya, soal UKS yang disusun pasti akan digunakan sebagai bahan ujian seluruh siswa SMP dan SMA di Kabupaten Dompu, sehingga tidak ada lagi perbedaan soal ujian antara sekolah yang satu dengan yang lain. Soal US sama untuk semua sekolah. Cuma yang membedakan  bagi SMP sendiri dan begitupun terhadap SMA”, tandasnya. (SM.15)
    
×
Berita Terbaru Update