Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PT. Sumbawa Timur Mining Mulai Eksporasi Tambang

12 November 2010 | Jumat, November 12, 2010 WIB Last Updated 2010-11-12T02:25:59Z
Bima, (SM).-  PT. Sumbawa Timur Mining (STM) yang bergerak di bidang pertambangan yang melanjutkan ekplorasi tahap kedua di Kabupaten Dompu dan Bima, melakukan pemaparan (ekspose) dihadapan jajaran Pemerintah Kabupaten Bima Kamis (11/11) di ruang sidang Bupati Bima
Wakil Bupati Bima Drs. H. Syafrudin HM. Nur. M.Pd, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bima Dra. Hj. Mulyati, Sekda, Asisten administrasi Perekonomian dan Pembangunan dan sejumlah SKPD terkait, mendengarkan pemaparan PT. Sumbawa Timur Mining yang dipimpin Presiden Direkturnya Roderick E Jones dan Business and administrator PT. Vale Explorasi Indonesia BN. Wahyu.
Dalam pengantar penerimaannya, Wabup menyatakan, kehadiran investor yang bergerak di sektor pertambangan di Kabupaten Bima  yang diawali dengan presentasi ini diharapkan dapat mengaktifkan kembali kegiatan pertambangan di wilayah kontrak karya PT. Sumbawa Timur Mining Khususnya  di Kecamatan Parado.
Usai penerimaan tersebut Presdir PT. Sumbawa Timur Mining Roderick E Jones memaparkan kegiatan awal yang dilakukan pihaknya adalah melakukan studi lingkungan untuk mengetahui rona awal lingkungan (air) sebelum adanya kegiatan eksplorasi  dan gambaran kehidupan soeial ekonomi masyarakat setempat dan pemangku kepentingan di wilayah beroperasinya tambang.
Roderick yang didampingi Direktur PT. Sumbawa Timur Ir. Budendi Thomas, dan Executive Director PT. Sumbawa Timur Mining Priyo Pribadi Soemarno menyatakan Perusahaan yang dipimpinnya akan melakukan eksplorasi di Kecamatan Parado berupa mangan dan batubara. Untuk kepentingan ini secara teknis perusahaan telah membangun barak (fly camp) di Lere-Parado untuk dilakukan survey permukaan yang mencakup pemetaan detail dan pengambilan contoh batu dan tanah untuk analisa laboratorium.
Terkait dengan tenaga kerja pihak perusahaan sedapat mungkin akan memanfaatkan tenaga kerja loka yang berkisar 60-80 pekerja selama masa eksplorasi. Oleh karena itu diharapkan akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat disekitar lokasi.  Selain masalah tenaga kerja, lanjut Roderick, PT.  Sumbawa Timur Mining juga akan memperhatikan AMDAL disekitar lokasi dan proses reklamasi berupa penanaman pohon dan pengembalian kesuburan tanah yang akan dilakukan pasca ekplorasi. Hal ini penting dilakukan untuk mengembalikan rona lingkungan yang telah mengalami perubahan akibat penggalian di sejumlah titik eksplorasi tambang. (SM.03)
×
Berita Terbaru Update